Selasa, 10 Agustus 2010

Saling Membutuhkan

Ada sebuah kisah tentang jari-jari manusia. Suatu ketika sang jempol berkata kepada empat kawan jari lainnya. “ Aku adalah yang paling hebat, saat semua orang berhasil atau sukses melakukan sesuatu mereka mengacunkan jempol mereka. Lalu aku adalah jari yang paling besar, itu menandakan aku yang paling berkuasa.”
Lalu jari telunjuk tidak mau kalah terhadap jempol, ia pun berkata “ Akulah yang paling hebat, saat semua orang ingin menunjukan sesuatu, maka akulah yang dipakai. Selain itu aku berguna untuk merasakan sesuatu saat seseorang sedang masak.”
Lalu jari tengah pun tidak mau kalah, ia juga berkata “ Aku adalah jari yang paling tinggi dari kalian semua, aku yang mengatur kalian semua.”
Jari manis pun ikut menyeletuk “ Aku yang paling dihargai manusia, mereka selalu menaruh cincin pernikahannya di jari manis. Akulah yang paling kaya diantara kalian.”
Jari kelingking yang kecil dan merasa tidak mempunyai apa-apa untuk dibanggakan pun berkata “ memang akulah yang paling kecil diantara kalian, aku tidak bisa apa-apa seperti kalian. Akan tetapi ingatlah jika tidak ada aku kalian tidak semua tidak lengkap dan tidak dapat menggenggam sesuatu, jadi sehebat apapun kalian, aku juga dibutuhkan oleh manusia.”
Begitulah kisah tentang jari manusia, seringkali kita merasa lebih hebat dari yang lain, merasa lebih dibutuhkan. Akan tetapi kita harus ingat, kita juga membutuhkan orang lain.

0 komentar: